-->

Katsaridaphobia (Phobia Kecoa): Gejala, Penyebab dan Mengatasinya

Cara menghilangkan phobia kecoa dan mengapa ada yang takut kecoa

Virtual reality therapy


Sementara anda membaca postingan ini,mungkin ada beberapa orang yang anda ingat mengalami Phobia kecoa (Katsaridaphobia),reaksi nya selalu bearagam bukan?
menjerit biasanya adalah reaksi umumnya.

Tapi jika anda sendiri yang menderita phobia ini, sesuatu hal yang memicu rasa takut berlebih langkah awalnya di sarankan anda terlebih dahulu merilekskan diri.


Ok tarik nafas..buang perlahan, lakukan beberapa kali sampai anda merasakan perubahan mood atau Rileks total :),


Mungkin banyak orang yang mengalami "Entah kenapa setiap gerakan nya di lantai membuat tubuh menggigil, bahkan ketika mau tidur setiap suara terdengar seperti kecoa. Terbangun dan kadang menghabiskan sepanjang malam berpikir bahwa setiap saat salah satu dari mereka bisa saja masuk menyelinap ke sprai.

lebih gawatnya lagi adalah ketika saya yakin kecoa itu memang ada di kamar, dan badan ini malah jadi kaku seakan susah bangun, padahal ingin sekali memukulnya”.

Ungkapan ini menunjukkan kepada kita, bagaimana horor nya saat rasa takut mulai terpicu oleh kecoa.

Jika anda membaca sampai akhir, anda akan menemukan daftar, fakta menarik tentang serangga yang mengganggu ini, dari gejala dan kemungkinan penyebab dan yang lebih penting lagi sebagai info mengembangkan semua solusi treatment untuk mengatasi nya.

Katsaridaphobia Gejala, Penyebab dan Mengatasinya

Bagi sebagian orang, fobia ini bisa berasal dari bentuk OCD (Obsessive Compulsive Disorder), yang menyebabkan ketakutan terus-menerus merasa jika seekor kecoa dapat muncul kapan saja.

Ketakutan akan kecoak dapat disebabkan oleh beberapa faktor :

Bisa dari bentuk anatomi nya , kemampuan untuk menyebarkan penyakit, fakta bahwa mereka memakan zat-zat busuk, atau beberapa dari nya dapat terbang.

Gejala

Seperti hal nya fobia lain, tergantung pada seberapa parahnya penderitanya
Penting untuk mempertimbangkan kondisi mental individu dan karakteristik lainnya.
Beberapa gejala yang paling umum adalah:

  • Mual dan pusing
  • gemetaran
  • sulit bernafas
  • detak jantung yang tinggi
  • sensasi tenggelam atau mencekik
  • nyeri dada
  • mati rasa
  • keringat berlebih
  • kesulitan berpikir atau berbicara dengan jelas
  • ketidakmampuan membedakan antara yang nyata dan yang tidak nyata
  • menangis dan berteriak
  • serangan panik
  • kurang kontrol
  • kelumpuhan, kehilangan gerakan sementara
  • takut
  • kegelisahan
Seperti yang sudah di sebutkan sebelumnya, terkadang penderita phobia ini jika sudah di level akut panik nya,biasanya sering putus asa,karena merasa sudah semua cara digunakan hanya untuk memastikan bahwa tidak ada lagi kecoak yang masuk menyelinap.

Dari menyemprot insektisida atau memasang perangkap serangga di rumah, menyapu dan membersihkan karpet berkali kali, bersih bersih kamar mandi, yang kesemua itu sungguh menjengkelkan.

Penyebab Phobia kecoa

Alasan takut kecoa biasanya bermacam macam, kondisi ini dapat muncul kapan saja, jadi tidak ada yang sepenuhnya bebas dari fobia ini.
Seperti umum fobia lainnya, ketakutan terhadap kecoa dapat muncul setelah mengalami episode traumatis tehadap serangga ini.

Sebagian besar awal peristiwa ini terjadi bermula di masa kanak-kanak dan jarang terjadi penyebabnya setelah dewasa.

Penyebab evolusi juga sering dikaitkan oleh peneliti ilmiah.

Nenek moyang prasejarah kita diprogram untuk tetap waspada,jika mereka diancam oleh predator atau musuh yang akan mencuri saat mereka tidur di gua-gua mereka.. – dan tentu saja ini adalah tempat yang ideal untuk kecoak yang hidup di tempat-tempat yang hangat dan gelap.

Pengkondisian keluarga adalah konsep yang masih jadi perbedaan pendapat para ilmuwan. Sementara beberapa orang berpikir bahwa itu terkait dengan genetika dan riwayat anggota keluarga dengan fobia kecoa atau serangga lain, akan lebih mungkin terkena fobia ini.

Treatment Phobia

Jika lebih sering kehilangan kontrol saat terpicu,saran
Langkah pertama adalah menemui psikiater, yang akan menentukan apakah ketakutan Anda terhadap kecoak adalah fobia atau bukan.
Jika Anda memang menderita kelainan psikologis, kemungkinan Anda akan ditreatment dengan beberapa metode cara menenangkan pikiran di bawah ini.

Graduated exposure therapy

Dalam exposure therapy pasien secara bertahap diarahkan melihat foto-foto kecoa, memandang dari kejauhan, menyentuh kecoa mati, menyentuh yang hidup, dll.
Ini adalah cara paling umum untuk mengatasi fobia dalam kasus entomophobia dan zoophobia.

Cognitive behavioural therapy (CBT)

CBT melibatkan restrukturisasi pikiran negatif tentang objek ketakutan.
Berkat teknik-teknik seperti biofeedback dan bentuk-bentuk relaksasi tertentu, pikiran dan perilaku ke arah kecoa secara bertahap akan berubah.

Neuro-linguistic programming (NLP)

NLP bertujuan untuk mengubah ketakutan irasional ini dengan menggunakan teknik visualisasi spontan dan cepat, diakhiri dengan teknik relaksasi dan situasi yang tenang,dan ini juga alasan terapi menggunakan NLP adalah yang tercepat dan terbaik.

Virtual reality therapy

Virtual reality therapy telah menjadi lebih relevan baru-baru ini, berkat kecepatan, di mana cara ini sedang dikembangkan.

Virtual reality therapy bukan hanya sebagai permainan seru seruan: teknik ini juga digunakan untuk mengatasi fobia dan penyakit mental lainnya.

Pada tahun 2009 Laboratorium Psikologi dan Teknologi di Universitas Jaume I mengembangkan sistem untuk perawatan arachnofobia dan katsaridaphobia melalui penggunaan realitas virtual.
Ini mirip dengan terapi Exposure, di mana pasien secara bertahap menghadapi rasa takut dengan dibimbing seorang terapis, dan penggunanya merasa lebih aman karena mereka lebih menyadari bahwa ini seperti game virtual.

Obat

Obat hanya digunakan dalam kasus-kasus ekstrem, rasa takut berlebihan yang jarang terjadi. Jika pasien menderita kecemasan, serangan panik yang panjang atau parah atau bereaksi dengan cara yang dapat merusak kesehatan mereka, antidepresan (SRRI), anxiolytics (tranquilisers) atau antikonvulsan dapat digunakan. Ini dapat membantu menenangkan keadaan panik dan menghasilkan sensasi tenang, tetapi tentu ada banyak efek samping dari obat-obatan ini.
LihatTutupKomentar