-->

Phobia kucing? ini 6 langkah cara menghilangkan nya

Phobia kucing? ini 6 langkah cara menghilangkannya


Phobia kucing? ini 6 langkah cara menghilangkannya -  Bagi kebanyakan orang kucing adalah hewan kecil yang menggemaskan, tapi tidak bagi mereka yang phobia dengan hewan yang satu ini


Seperti yang kita tahu,kucing bukanlah hewan langka, keberadaan hewan ini hampir disetiap rumah selalu ada,situasi seperti ini adalah keadaan yang tidak menguntungkan dan sulit bagi mereka yang takut terhadap kucing.

Sebagian yang merasakan takut terhadap kebanyakan hewan,seperti kucing,ular,anjing,kecoa,burung dan berbagai jenis hewan lainnya,tentunya bukan suatu keadaan direncanakan sebelumnya,sangat sangat mengganggu,karena rasa takut

hanya membatasi seseorang dalam beraktifitas dan dalam kasus yang ekstrim,para pengidap phobia,memilih menjadi tahanan rumah dari pada harus menghadapi objek yang mereka takutkan, sebegitu mengerikannya kah hewan yang satu ini?

Jantung berdebar,panik,kekakuan,gemetar,saat rasa takut ini terpicu juga merupakan contoh kecil dari gejala umum bagi yang mengalami phobia kucing.

Penyebab phobia kucing 

Lalu mengapa orang bisa mengalami Phobia kucing (Ailurophobia) ? 

Banyak alasan seseorang bisa menjadi phobia dan kehilangan kendali saat bertemu kucing,faktor trauma semasa kecil,kejadian kucing pernah mencakar,menggigit,atau seseorang tersebut menonton film yang menakutkan yang menceritakan tentang kucing adalah hewan yang sangat berbahaya.

Keadaan rasa takut akan kucing begitu membekas,beberapa orang mengingat dan mebawanya dalam waktu yang lama,sehingga ketakutan yang sudah terlalu lama ini

menumpuk dan menjadi phobia,dalam banyak kasus,phobia lebih sering terbentuk atau terjadi dalam waktu yang singkat,walau hanya sekali mengalami kejadian menakutkan akan kucing,maka seseorang itu selamanya mengingat kejadian traumatis dan phobia menjadi label buat yang kehilangan kendali akan rasa takut.

Sama seperti jenis phobia lainnya,Untuk phobia kucing,cara menghilangkan rasa takut terhadap hewan satu ini bukanlah hal yang sulit.

CATATAN: Kucing sering memilih orang yang tidak menyukai mereka,sekilas hewan satu ini entah sengaja atau tidak,biasanya suka mendekat,kucing suka mendekati orang yang duduk diam,atau dengan orang yang tidak menyukai kehadirannya.

Orang yang mengalami phobia kucing,cenderung merasa kaku jika kucing ada di depan mereka dan begitu fokus memperhatikan setiap gerakan yang dilakukan oleh hewan ini, meskipun kucing tersebut hanya berjalan,duduk santai dan diam,namun bagi mereka yang takut akan kucing,perasaan tidak aman,secepatnya menghindar,dan keadaan ini bukanlah situasi yang santai,kepanikan akan segera datang menyerang pikiran mereka.

Mengatasi Phobia terhadap kucing (Ailurophobia)

Berikut adalah langkah-langkah self-exposure untuk yang mengalami ketakutan serius terhadap kucing :

Langkah 1:
Ambil selembar kertas,dan cobalah menggambarkan seekor kucing ,setelah selesai perhatikan perasaan anda sendiri,apakah anda sudah merasakan penurunan intensitas rasa takut? Terlepas perasaan takut anda mulai berkurang atau belum,sekarang anda beralih ke langkah yang kedua

Langkah 2:
Melihat foto dalam bentuk hitam putih,foto disini dimaksudkan adalah foto kucing anda bisa searching di google untuk contoh foto foto kucing,apakah anda merasakan nyaman nyaman saja ketika melihat foto hitam putih tersebut? jika nyaman dan merasakan tidak takut yang berlebih lagi,anda bisa melewati langkah yang ke tiga dan langsung menuju langkah yang ke empat,tapi bila belum ataupun anda tidak merasakan perubahan,selanjutnya anda beralih ke langkah berikutnya

Langkah 3:
Melihat foto kucing dalam tampilan foto berwarna,setelah selesai mengamati foto tersebut,apa yang anda rasakan sekarang? Apakah anda nyaman bila melihat foto dalam bentuk foto warna? jika anda merasakan perasaan yang baik saat melihat foto kucing dalam tampilan berwarna,selanjutnya anda beralih melakukan langkah berikutnya,yaitu

Langkah 4:
melihat video tentang kucing,coba anda cari youtube video yang menampilkan perilaku kucing,tonton video tersebut dalam durasi maksimal 5 menit.sekarang rasakan perasaan anda setelah melihat video itu,apakah anda merasakan intensitas rasa takut yang menurun?

Sambil anda melihat video tersebut,yakinkan diri anda,jika yang anda lakukan sekarang,kucing dalam hal ini,tidak menimbulkan efek apapun atau membahayakan,karena kucing tersebut hanya dilihat,ditonton dalam bentuk rekaman video,karena tidak berhadapan dengan objek yang anda takuti,dan itu hanya sebuah video rekaman,maka dipastikan itu Aman.

Anda bisa memilih bentuk tampilan video tersebut,apakah anda ingin menontonnya dalam bentuk film berwarna,atau tampilanfilm hitam putih.

Langkah 5:
Melihat kucing dari luar jendela kaca,coba amati saja dari dalam kaca jendela, cara ini memastikan pikiran anda untuk tetap aman di balik jendela kaca,karena sangat mustahil jika kucing tersebut mendekat,dan anda aman selama dalam proses mengamati ini.

Lakukan langkah 1 dengan langkah ke 5 beberapa kali

Sampai anda merasakan phobia ini perlahan memudar secara mental,lalu setelah anda melakukan langkah langkah di atas beberapa kali,maka selanjutnya yang terakhir yang dilakukan adalah,

Langkah 6:
Saatnya menguji perasaan takut tersebut apakah sudah netral (Hilang).Sekarang anda bisa melihat kucing secara langsung,namun dalam pengujian ini,sebaiknya diawal anda melihat kucing itu dalam jarak beberapa meter atau dengan jarak yang sedikit jauh.

jika anda nyaman dalam jarak yang memang sudah anda anggap aman,kemudian perlahan,anda bisa mendekat,terus mendekat ,sampai anda merasakan nyaman dalam jarak yang semakin dekat dengan kucing yang ada dihadapan anda.

Sekali lagi,jika memungkinkan,lakukan langkah diatas bisa beberapa kali 
pengulangan, sampai merasakan perubahan dan sepenuhnya 
terbebas dari phobia kucing good luck.


LihatTutupKomentar