-->

Phobia Jarum Suntik Dan Menaklukkan Rasa Takut Terhadap Jarum suntik

Phobia Jarum Suntik Dan Menaklukkan Rasa Takut Terhadap Jarum suntik

Phobia Jarum suntik-Cara efektif menghilangkan atau mengatasi phobia pada jarum suntik yang mengganggu anda selama ini akan anda temukan jawabannya dalam tulisan kali ini yang membahas dengan jelas apa dan bagaimana phobia ini bisa terjadi dan diatasi.

Bukan rahasia lagi memang jika,jarum suntik banyak ditakuti orang,bahkan  ketakutan yang terlalu berlebihan (irrasional) berakibat menjadi Phobia dan mengganggu,sebenarnya perasaan takut adalah hal yang normal dan wajar,namun jika perasaan takut ini malah membatasi,merugikan bukankah sebaiknya jika phobia ini di netralisirkan saja,karena dalam kehidupan modern seperti sekarang,saat kita membutuhkan pengobatan dan perawatan,baik itu dirumah sakit atau klinik kesehatan,jarum suntik biasanya selalu diikut sertakan  sebagi perantara untuk kesehatan, namun apa sebenarnya yang membuat beberapa orang bisa mengalami phobia jarum? kerugian apa yang terjadi bila phobia ini terlalu lama berlarut larut diabaikan? dan bagaimana cara menghilangkan phobia jarum suntik ?

Pada umumnya,rasa takut yang berlebihan pada jarum atau jarum suntik membuat seseorang tersebut sebisa mungkin lebih menghindari dengan urusan medis,karena dalam fikiran mereka membayangkan “dari pada harus nanti dihadapkan dengan jarum suntik saat diperiksa oleh dokter,lebih baik tidak usah” kira kira seperti itu anggapan mereka yang mengalami phobia jarum.

Tentang jarum atau jarum suntik, meskipun tidak harus berurusan dengan perawatan medis,jika seseorang sudah mengalami ketakutan yang berlebihan pada jarum,hanya dengan  melihatnya saja baik itu sengaja maupun tidak disengaja akan memberikan reaksi panik yang luar biasa hebat dan jika anda ingin tahu apa gejala umum bagi yang mengalami phobia jarum atau anda ingin memastikan apakah anda memiliki phobia jarum atau tidak,maka berikut adalah penjelasannya 

Gejala Phobia pada  Jarum suntik bisa terasa secara fisik maupun secara psikologis :

-Memiliki peningkatan/penurunan denyut jantung atau tekanan darah
-Sesak napas, mulut kering, tremor, dan mual adalah beberapa gejala fisik   pada orang yang      mengalami Trypanophobia
-Sesak nafas,Panik,cemas dan Stres tingkat tinggi

Terlepas dari rasa takut jarum, biasanya banyak orang yang mengalami Phobia pada jarum (Trypanophobia) juga mengalami takut yang berkaitan dengan darah dan takut ketinggian.
Dari pengalaman kebanyakan dan hasil contoh kasus nyata,mengapa phobia ini bisa terjadi pada seseorang,coba simak uraian singkat dibawah ini.
Bermula dari rasa takut yang berlebihan ini terjadi yaitu pada jarum suntik,biasanya seseorang tersebut sebelumnya pernah merasakan pengalaman tidak mengenakkan atau pernah mengalami secara langsung di masa lalunya serangkaian suntikan yang tidak menyenangkan,dan membekas di ingatan,membawa emosional negatif yang begitu dalam,sehingga kemudian merasakan trauma,dan memberikan kesimpulan,  jarum suntik adalah hal atau objek  yang harus dihindari untuk selamanya.

Kondisi lain yang bisa membuat seseorang menjadi takut dengan jarum yaitu trauma masa kecil saat disuntik atau imunisasi. Bisa juga karena terpengaruh cerita menakutkan dari orang lain.

Terkadang beberapa anak kecil dipegang dengan paksa ketika akan disuntik atau imunisasi, kondisi ini bisa menimbulkan trauma tersendiri bagi anak yang akan terbawa hingga ia dewasa. Sehingga tak jarang ia menjadi takut dengan jarum 
(trypanophobia).

Jika anda saat ini mengalami phobia pada jarum suntik,kabar baiknya adalah anda tidak sendirian,ternyata diperkirakan sekitar 2 persen dari populasi juga mengalami yang namanya Phobia jarum, yaitu suatu respons ketakutan yang berlebihan mengenai sesuatu seperti jarum. Ketakutan ini dapat menimbulkan panik yang tidak terkendali,reaksi fisik berlebihan yang dipengaruhi oleh pemikirannya sendiri.

Kerugian jika phobia pada jarum suntik  dibiarkan lama bertahan:

Ada contoh kasus yang ekstrim dimana pada pasien yang memiliki penyakit jantung atau kanker,mereka lebih memilih mati daripada harus disuntik," ujar Trilby Breckman dari Triumph Over Phobia (TOP UK), seperti dikutip dari Dailymail
Tentunya bila mereka bisa mengendalikan rasa takut jarum suntik,maka mereka pasti tidak memilih harus mempertaruhkan kesehatan atau nyawa mereka,dan pilihan ini sungguh sangat merugikan bukan.
Sementara itu disisi lain,pada orangtua yang memiliki Phobia jarum,para orang tua ini cenderung tidak bisa melihat anaknya disuntik,sehingga anak-anak ini bisa saja berakhir tanpa mendapatkan vaksinasi,tentunya anak akan merasakan efek jangka panjang untuk kesehatannya kelak.
Pada wanita hamil,biasanya mereka akan melewatkan beberapa pemeriksaan yang mengharuskannya mendapatkan jarum suntik,hal ini adalah kerugian bagi kesehatan calon ibu dan bayi yang dikandungnya.
Tidak bisa mendonorkan darah,bisa anda bayangkan disaat yang sangat penting, keluarga anda kebetulan membutuhkan donor darah dan golongan darah yang dibutuhkan sama dengan golongan darah yang anda miliki,tapi anda tidak bisa melakukannya karena ketakutan pada jarum malah menghambat  terjadinya donor darah.
Biasanya,seseorang yang mengalami Phobia pada jarum suntik  ataupun beberapa jenis phobia lainnya,perasaan stres,panik dan detak jantung yang tidak beraturan akan selalu jadi pengalaman yang tidak menyenangkan, dan anda pasti sudah tahu stres sangat tidak baik untuk kesehatan.

Dan banyak lagi contoh contoh kerugian pada diri sendiri bila phobia jarum ini terus dipelihara, lalu bagaimana cara menghilangkan rasa takut pada jarum suntik?

Berikut beberapa langkah sederhana untuk menghilangkan phobia pada jarum suntik

Jika orang terdekat,teman atau keluarga anda atau anda sendiri yang mengalaminya,Penanganan sederhana untuk mengatasi Phobia pada jarum suntik adalah menunjukkan rasa simpati dan membantunya menyembuhkan ketakutan melalui diri sendiri. Secara bertahap.
Kemudian dengan metode sederhana lainnya untuk menghilangkan phobia jarum ini adalah dengan memperlihatkan jarum suntik dari jarak yang agak jauh,kemudian sedikit mendekat,sampai dirasa jarak yang dekat tersebut tidak memberikan rasa panik hebat,kemudian semakin meningkat paparannya menjadi memegang jarum bagi penderitanya.

Cara lainnya "Penderita diminta untuk memikirkan jarum selama waktu tertentu, lalu menulis sebuah cerita yang berhubungan dengan jarum. Setelah itu mereka akan diminta untuk melihat orang lain yang disuntik," ujar Breckman.

Semakin lama ia akan semakin terbiasa dengan jarum suntik dan bisa membantunya menghilangkan ketakutan terhadap jarum. 
Metode pendekatan untuk menyembuhkan phobia jarum menggunakan NLP dan Hypnotherapy juga sebuah cara ampuh mengatasi phobia yang merugikan ini.

Phobia ketinggian, phobia darah, phobia gelap, phobia kecoa  dan berbagai jenis rasa takut lainnya,pada dasarnya menghilangkan phobia bukanlah hal yang terlalu sulit, dengan tehnik yang tepat malah dalam beberapa kasus,Phobia bisa dihilangkan dalam waktu lebih kurang 15 menit,tentunya dengan penanganan yang tepat dan terapi yang tepat phobia pada jarum suntik bisa teratasi. 
LihatTutupKomentar